serunya arum jeram di cipeles, citepok, sumedang

September 20, 2016 refreshing, sumedang

green-canyon-sumedang
Arum jeram, emang pernah? belum sih. Tapi karena sedang ramai dibicarakan akhirnya ingin juga sedikit menulis tentang kota kecil tempat kelahiran. Karena biasanya bikin web serius, sekarang kebetulan ada waktu luang untuk nulis di blog yang kebetulan agak terlantar diary.id. Di sosial media (milik saya) sedang ramai membicarakan tentang adanya sungai dengan view yang cukup indah, yaitu terletak di desa citepok, paseh – Sumedang.

Sejujurnya saya belum pernah ke tempat ini, namun karena ada salah satu situs web besar membahas tempat tersebut, saya jadi penasaran juga untuk mengetahuinya. Jika dilihat dari foto-foto yang beredar, view nya keren, mirip green canyon di Majalengka atau bahkan green canyonnya pangandaran di Cijulang. Walau sebenarnya airnya tidak green sih, malah cendrung chocolate. Tapi karena ga ada isitilah chocolate canyon, ya sudah kita panggil saja green canyon ala sumedang.

arum-jeram-green-canyon-pangcalikan-sumedang

Kenapa banyak yang bilang seperti green canyon padahal airnya tidak hijau? alasannya mungkin kontur di area tersebut terlihat seperti di kebanyakan green canyon (jurang). Diantara aliran sungai terdapat tebing dari bebatuan yang sangat indah. Selain itu pohon-pohon besar disekitarnya menambah keindahan tempat tersebut.

arung_jeram-cipeles-sumedang-citepok-paseh

Tempat ini terdapat di salah satu sungai yang lumayan terkenal di Sumedang yaitu “cipeles”. Kawasan yang paling indah dan sering digunakan untuk arum jeram, disebut sebagai kawasan pangcalikan. Menurut beberapa sumber, kedalaman airnya bervariasi mulai dari 4 hingga 12 meter. Jika kita ingin bermain air di sana termasuk mencoba arum jeram, kita bisa menyewa peralatan arum jeram di sana. [crp]

Konon katanya, tempat ini dulunya merupakan tempat yang sering digunakan untuk beristirahat (panilasan, dalam bahasa sunda) oleh Pangeran Aria Kusumadinata (salah satu pangeran di kerajaan Sumedang larang). Masyarakat disana percaya Pangeran Aria Kusumadinata sering menghabiskan waktu berjam-jam untuk menenangkan diri atau memancing. Maka tak heran, jika sampai saat ini tempat tersebut sering digunakan sebagai tempat memancing oleh masyarakat sekitar.

Bagi kamu yang ingin mencoba berarum jeram disana atau sekedar ingin melihat keindahan alam di sana, bisa langsung saja datang ke Desa Citepok, Kecamatan Paseh, Sumedang. Bagi kamu yang datang dari arah Bandung, Daerah paseh terdapat di jalan dari arah bandung menuju Cirebon.

Berikut videonya, yang saya ambil dari youtube :

Kunjungi terus blog diary.id, kita akan explore lagi tempat indah lainnya di Sumedang. Saat ini mulai banyak tempat wisata baru di Sumedang seperti, puncak damar, tanjung duriat, dll. nanti kita bahas di artikel selanjutnya.

Comments

comments



About The Author

-




Related Posts to serunya arum jeram di cipeles, citepok, sumedang