Seputar Infeksi Kulit dan Pencegahannya

Posted on

Infeksi kulit dan pencegahannya – Masalah kulit memang dapat terjadi pada siapa saja. Masalah kulit dapat terjadi pada Anda yang mungkin kurang menjaga kebersihan. Bahkan untuk Anda yang mengenakan kosmetik tidak tepat juga dapat beresiko mengalami masalah penyakit kulit serta infeksi kulit. Agar hal ini tidak terjadi berkelanjutan ada baiknya Anda lakukan langkah pencegahan.

Agar infeksi kulit tidak dapat terjadi pada diri Anda, disini kami akan berikan informasi terbaiknya tentang macam – macam infeksi kulit dan bagaimana cara yang tepat dalam melakukan pencegahan. Anda bisa cek informasi lengkapnya tentang infeksi kulit dan pencegahannya di bawah ini!

Pencegahan Infeksi Kulit

Infeksi kulit memang dapat menimpa siapa saja dengan jenis infeksi kulit yang apa saja. Ada banyak jenis infeksi kulit yang sangat rentan menyerang. Berikut kami akan uraikan informasinya untuk Anda tentang beberapa infeksi kulit dan pencegahannya yang bisa Anda coba terapkan. Cek informasinya berikut ini!

Infeksi kulit panu

Panu merupakan jenis penyakit yang memang sangat umum dan bisa terjadi pada semua orang. Masalah penyakit kulit ini akan dapat membuat seseorang merasa sangat malu karena timbulnya bercak putih akan terus menyebar pesat. Panu termasuk penyakit kulit yang disebabkan karena infeksi jamur yang menyerang pada bagian pigmen kulit. Infeksi panu yang terjadi juga akan dapat menyebabkan bercak putih yang nantinya bisa terlihat karena terdapatnya sebuah perbedaan dengan area kulit yang lain.

Cara mencegah infeksi kulit panu ini dapat Anda lakukan dengan menghindari kontak dengan penderita panu baik itu berhubungan langsung alat – alat atau pakaian. Untuk mengatasi panu ada baiknya Anda juga pelihara kesehatan kulit dengan mandi teratur dan jaga kelembaban alami kulit Anda.

Infeksi kulit kudis

Kudis juga menjadi salah satu jenis penyakit yang disebabkan karena serangan tungau atau kutu kecil. Jenis kutu kecil yang seringkali disebut dengan istilah sarcoptes scabiei. Penyakit ini juga akan dapat menjadi penyebab bercak kemerahan pada bagian kulit tertentu. Nantinya infeksi kulit kudis juga dapat masuk ke bagian dalam kulit kemudian akan dapat menghisap darah dan menjadi penyebab bercak kemerahan.

Agar infeksi kulit kudis dapat terhindar dari diri Anda ada baiknya Anda terapkan cara pencegahannya. Anda dapat mencegah dengan hati – hati karena kutu penyebab kudis akan mudah loncat dan berpindah kemudian menyerang orang lain. Infeksi kulit dan pencegahannya yang dapat Anda coba yaitu dengan bersihkan semua pakaian dan isi kamar orang yang terkena penyakit kudis. Selanjutnya cuci dan rendam semua pakaian, handuk serta selimut air hangat kemudian jemur dibawah sinar matahari.

Infeksi kulit herpes

Herpes sendiri juga merupakan sebuah jenis penyakit kulit yang disebabkan karena virus. Herpes juga dapat menyebabkan kulit menjadi ruam. Penyakit ini bahkan akan sangat mengganggu karena biasanya menjadi penyebab sakit dan demam pada penderitanya. Penyebab penyakit ini adalah virus varisella dimana virus ini akan dapat menyerang pada bagian tulang belakang dan otak sehingga penyakit ini akan sering cepat sembuh dan kemudian muncul lagi.

Kalau Anda mengalami masalah penyakit herpes, Anda dapat coba rawat infeksi kulit dan pencegahannya ini dengan menggunakan krim khusus untuk kulit yang didalamnya mengandung antibiotik. Kemudian selain itu orang yang sudah terkena infeksi lanjut ada baiknya Anda lakukan vaksinasi untuk bisa menambah kekebalan tubuh terhadap serangan virus varisella.

Jerawat

Jerawat merupakan salah satu infeksi kulit dan pencegahannya agar bisa disebabkan karena terdapatnya gangguan pada bagian kelenjar kulit. Nantinya masalah kelenjar kulit ini juga akan terhubung secara langsung dengan bagian pori – pori kulit. Kelenjar minyak yang terdapat di bagian bawah kulit dan terkena infeksi dari kotoran luar yang masuk lewat pori – pori, sel kulit mati dan bakteri atau virus.

Jerawat yang ada di wajah Anda dan menjadi sebuah infeksi kulit dapat dicegah dengan beberapa cara dibawah ini diantaranya :

  • Bersihkan wajah secara rutin di pagi dan sore hari. Kemudian bersihkan sisa riasan wajah dengan menggunakan produk pelembab kulit yang sesuai dengan tipe kulit wajah Anda.
  • Hindari terlalu banyak mengonsumsi berbagai jenis makanan yang digoreng, makanan kemasan dan juga makanan yang terlalu banyak mengandung zat aditif pada makanan.
  • Konsumsi air putih secara teratur setiap hari karena juga akan dapat membantu Anda dalam meningkatkan proses metabolisme dan juga mencegah jerawat di wajah Anda.

Itulah sedikit informasinya untuk Anda tentang infeksi kulit dan pencegahannya. Semoga menjadi informasi yang bermanfaat. Mari jaga selalu kesehatan kulit Anda sejak dini.