pilih mana lazada, bukalapak atau tokopedia?

September 19, 2016 olshop

pilih-mana-lazada-tokopedia-bukalapak

Tulisan ini hanya sebagai ulasan pribadi saya sebagai seorang pengguna dari lazada, tokopedia dan bukalapak. Melihat dari sudut pandang saya sebagai seorang pengguna atau pembeli dari ketiga layanan tersebut, saya tidak berafiliasi dengan pihak manapun baik itu lazada, bukalapak atau tokopedia, semua yang saya tulis disini bersifat subjektif sesuai dengan pengalaman saya beberapa kali belanja di ketiga layanan tersebut.

Saat ini siapa yang tidak kenal mall online lazada, bukalapak dan tokopedia? ketiganya merupakan toko online terbesar di Indonesia, persaingan ketiganya begitu terasa, mulai dari perang harga, hingga perang promosi yang bisa kita lihat di televisi. Sepengetahuan saya sebagai seorang publisher, untuk membuat promosi semacam itu kita harus mengeluarkan budget yang tidak sedikit, bisa ratusan juta hingga milyaran rupiah. Jika bicara layanan manakah layanan yang terbaik dari ketiganya, berikut ulasan saya :

Kelebihan :
1. Lazada
Lazada.co.id sebagai cabang dari lazada group yang merupakan salah satu marketplace terbesar di asia tenggara, tentu tak perlu diragukan lagi kehandalannya. Salah satu yang menjadi kelebihan dari lazada yaitu adalah salah satu marketplace yang sering digunakan untuk flashsale barang-barang elektronik keluaran terbaru, seperti smartphone dari xiaomi, samsung, dan merk-merk lainnya. Flashsale di lazada merupakan sistem penjualan online dengan waktu terbatas, biasanya yang dijual adalah barang keluaran terbaru. Keuntungan yang kita dapat dari mengikuti program flashsale adalah selain mendapatkan produk keluaran terbaru, juga biasanya harga jualnya relatif lebih murah jika dibandingkan harga saat rilis ke pasaran. Kelebihan lainnya dari lazada, adanya layanan bayar ditempat untuk kota-kota tertentu.[crp]

2. Bukalapak
Jika di lazada kita hanya bisa menemukan barang-barang baru, di bukalapak kita bisa menemukan barang-barang bekas. Bukalapak mengijinkan third-party seller/retailer (penjual pihak ketiga) untuk menjual barang bekas, jadi jangan heran jika kita mencari barang yang tidak ada di lazada namun tersedia di bukalapak, terutama jika kita mencari barang-barang jadul yang sudah tidak diproduksi. Selain itu, fitur terbaiknya yang saya suka, bukalapak menyediakan fitur mobile untuk browser handphone lawas. Jadi ketika seseorang menggunakan browser di handphone lawas, katakanlah itu nokia dengan sistem java, maka tampilan bukalapak akan menjadi tampilan sederhana, sehingga loadingnya akan terasa cepat. Berbeda dengan tokopedia ketika kita membuka dengan browser handphone lawas, tampilannya akan tetap menggunakan tampilan smartphone sehingga loading akan menjadi lama dan terasa berat.

3. Tokopedia
Mungkin dari ketiganya tokopedia salah satu yang paling banyak fiturnya, sehingga kita bisa lebih mudah dalam pencarian barang yang diinginkan, kita bisa mencari berdasarkan barang paling banyak dibeli, barang paling banyak mendapatkan ulasan, dsb, walau hal ini (sorting pencarian) juga bisa dilakukan di bukalapak dan lazada, tapi sepertinya tokopedialah yang terbaik. Selain itu di tokopedia juga menawarkan layanan cashback untuk beberapa produk. kamu ingin membeli pulsa atau bayar tagihan listrik kapan saja? tokopedialah tempatnya, tokopedia menawarkan kemudahan dalam pembeli pulsa dimana saja, fitur inilah yang kemudian ditiru oleh bukalapak, sayangnya sampai saat ini (saat artikel ini ditulis) ketika kita ingin membeli pulsa di bukalapak, tidak dapat menggunakan tampilan mobile, jadi belinya harus di PC atau smartphone, beda dengan tokopedia yang juga bisa dilakukan lewat perangkat mobile biasa. Selain itu, ketika kita membeli barang di tokopedia, kita bisa mengetahui bahwa barang sedang diproses oleh penjual, lagi-lagi fitur ini pun ditiru oleh bukalapak. Awalnya ketika kita beli barang di bukalapak kita tidak akan tahu kalau barang telah diproses seller atau belum, kita baru akan tahu setelah barang dikirim, berbeda dengan tokopedia jika barang telah diproses sang penjual, pembeli akan tahu ketika barang sedang diproses.

Selain berikut ini beberapa kelemahan diantara ketiganya menurut pandangan saya, yaitu
Kelemahan :
1. Lazada
Proses pengiriman cendrung lama, saya tidak tahu apakah jika saya menjadi seorang seller di lazada barang harus dikirim dulu ke lazada baru kemudian di kirim ke buyer, atau bisa langsung dari seller ke buyer. Ini sebenarnya bisa jadi nilai positif karena pihak lazada bisa melakukan quality control terlebih dahulu sebelum barang dikirim ke buyer, namun dengan seperti itu barang akan menjadi sangat lama hingga sampai ke tangan buyer.

2. Bukalapak
Respon customer service yang lama, jika lazada menyediakan nomor serta alamat lengkap kantor mereka untuk menghandle setiap aduan jika ada masalah dalam transaksi, maka kita akan kesulitan untuk menghubungi pihak bukalapak. Baru beberapa bulan yang lalu bukalapak menyediakan nomor call center, yang juga selalu sibuk saat dihubungi. Begitu juga ketika kita menghubungi lewat email, aduan yang saya kirim (menurut dari catatan saya) biasanya akan mendapatkan respon keesokan harinya.[crp]

3. tokopedia
Websitenya berat, mungkin karena terlalu banyak fitur atau entah karena alasan lainnya. Selain itu batas waktu seorang seller untuk mengirimkan barang ke buyer cendrung terlalu lama yaitu 5 hari. Jika di bukalapak ketika seller mendapatkan orderan, ia harus cepat-cepat mengirim barangnya dan batas waktunya cuma 2 hari.

Ketiganya menggunakan sistem rekening bersama, sehingga transaksi menjadi lebih awan dan bebas dari penipuan, jika ada barang yang bermasalah kita bisa mengajukan aduan, kemudian uang akan dikembalikan. Pada akhirnya semua kembali pada kita mau pilih lazada, tokopedia atau bukalapak, saya sendiri pun selalu menggunakan ketiga, sulit untuk mengadalkan salah satu dari ketiga layanan tersebut, karena ketiganya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Saya biasanya menggunakan satu dari ketiganya sesuai kebutuhan saja, misalnya ketika ingin membeli produk elektronik terbaru saya bisanya memilih lazada, ketika ingin membeli barang bekas biasanya saya memilih bukalapak atau tokopedia, jika ingin membayar tagihan dengan cepat saya memilih tokopedia. Saya juga suka melakukan compare harga, terkadang suatu produk, harganya bisa lebih murah di lazada, produk lainnya lebih murah di bukalapak dan barang satunya lagi lebih murah di tokopedia, jadi semuanya tinggal kita yang menentukan, jadi anda mau pilih yang mana?

Apply Kartu Kredit BCA Online

Comments

comments



About The Author

-




Related Posts to pilih mana lazada, bukalapak atau tokopedia?







keindahan islam

CLICK AJA TULISAN YOUTUBE DIBAWAH.. Gratis Kok.. 🙂