perlukah menggunakan tempered glass di layar gorilla glass?

December 16, 2016 gadget

gorilla glass masih bisa tergores perlukah menggunakan tempered glass

Jika kamu bertanya kenapa layar yang telah menggunakan gorilla glass yang katanya scratch resistant (tahan goresan) masih bisa tergores? lalu perlukah menggunakan tempered glass di layar yang telah memiliki gorilla glass? Mari kita bahas tentang apa itu gorilla glass, baca artikel ini sampai akhir dan biar kamu sendiri yang menjawab pertanyaan itu.

Gorilla glass merupakan brand leading dari teknologi strengthened glass, dimana teknologi tersebut dibuat agar layar lebih tahan terhadap goresan. Teknologi tersebut bekerja dengan cara melapisi layar dengan bahan kimiawi sehingga layar jadi bertambah kuat dari goresan atau benturan sekalipun.

Proses tersebut merubah struktur kaca standar menjadi memiliki densitas atau kepadatan yang lebih tinggi. Jika dianalogikan kurang lebih seperti ini, struktur kaca standar seperti ketika kita memasukan batu-batuan besar kedalam sebuah kotak sampai penuh, dengan seperti itu pasti kita akan mendapati banyak rongga diantara tumpukan batu dalam kotak tersebut. Sedangkan proses strengthened glass seperti memasukan batu kerikil ke dalam kotak yang sama, sehingga rongga di dalam kotak lebih sedikit, hingga membuat kotak menjadi lebih padat.

Kepadatan pada kaca membuat kaca semakin tipis, ringan namun menjadi lebih kuat. Tapi perlu diketahui, kekuatan kaca strengthened dari benturan atau goresan bukan berarti tanpa batas. Ketika batas toleransi dari kaca sudah terlewati maka kaca strengthened pun dapat tergores dan pecah. Beberapa sumber menyebutkan gorilla glass 4 dapat bertahan dari terjatuh pada ketinggian sekitar pinggang orang dewasa.

Skala ketahanan gores bisa diukur dengan skala Mohs scale, dari tingkat 1 yang biasanya diuji dengan bahan berupa serbuk talek hingga tingkat 10 atau teratas diujui dengan batuan sekeras intan. Sebagai pembanding, biasanya bahan plastik tergores di tingkat antara 2-3 Mohs scale, sedangkan layar gorilla glass 4 baru tergores di sekitar skala 6.

Jika kita lihat di youtube sering ada orang menggores layar smartphone dengan gunting, pisau dan benda-benda tajam lainnya, dan ternyata kuat. Itu karena skala mohs scale yang terdapat di antara benda-benda tajam tersebut hanya berada di skala 4 sampai 4.5, belum melampaui skala kekuatan strengthened glass.

Namun ketika kaca strenthened terlalu sering digunakan maka tetap akan menimbulkan goresan halus walau tidak digores dengan benda tajam dan keras seperti pisau. Kenapa? karena Ketahanan strengthened glass biasanya akan tetap tergores dengan benda seperti ampelas, dikarenakan amplas memiliki serbuk mineral abrasif yang terbuat dari kaca hingga alumunium oxide. Serbuk abrasif tersebut bisa berada dimana saja seperti bada kantung celana, tas, atau ketika kita membersihkan layar dengan lap. Seiring lamanya penggunaan serta terjadi berulang-ulang maka kaca pun tidak akan mampu lagi menahan goresan.

Selain itu biasanya layar smartphone memiliki lapisan oleophobic yang berfungsi untuk meredam bekas sidik jari, sehingga kaca tetap akan terlihat mengkilap tanpa bekas sidik jari walau sudah digunakan. Dan tahukan kamu? lapisan tersebut pun akan berkurang ketika layar sering digunakan, jadi ketika sudah sering digunakan maka tetap saja akan ada bekas sidik jari yang menempel di kaca/layar, bahkan layar menjadi lebih mudah kotor ketika lapisan oleophobic berkurang.

Jadi masih perlukah menggunakan tempered glass di layar yang telah memiliki lapisan strengthened glass seperti gorilla glass??

Jawabannya terserah kamu, jika kamu memang bisa mengindari kaca dari goresan abrasif, maka silahkan saja tidak perlu untuk menggunakan tempered glass. Selain itu banyak orang berpendapat dengan menggunakan tempered glass maka akan mengurangi keindahan dari sebuah smartphone atau layar gadget lainnya. Terlebih kini telah banyak smartphone dengan layar edge (melengkung) yang tidak bisa menggunakan tempered glass.

Jika menurut pendapat kami, kami lebih menyarankan untuk menggunakan tempered glass, terlebih sekarang harga tempered glass sudah sangat terjangkau, harganya mulai dari Rp.10ribuan. Dengan menggunakan tempered glass, bekas-bekas goresan dilayar yang sudah terjadi sebelumnya, akan menjadi samar dan tidak terlihat. Namun perlu diingat juga, tempered glass dengan kualitas rendah akan mudah pecah yang mungkin bisa membahayakan pengguna juga kemungkinan dapat merusak smartphone/gadget itu sendiri.

Apply Kartu Kredit BCA Online

Comments

comments



About The Author

-




Related Posts to perlukah menggunakan tempered glass di layar gorilla glass?







keindahan islam

CLICK AJA TULISAN YOUTUBE DIBAWAH.. Gratis Kok.. 🙂