Melihat keindahan waduk jatigede dari puncak damar, sumedang

September 22, 2016 refreshing, sumedang

puncak-damar-jatigede-sumedang
Waduk Jatigede, saya yakin kalau anda seorang yang tinggal di jawa barat pasti sudah tahun tempat ini atau setidaknya pernah mendengarnya, bahkan anda yang mungkin tinggal di luar pulau jawa pun sudah tahu akan waduk jati gede. Namanya memang sering diberitakan di media karena proses pembuatannya yang sangat lama dan sempat menjadi sengketa. Waduk jatigede telah direncakan pembuatannya sejak jaman Hindia-Belanda, hingga akhirnya diresmikamn tahun 2015 lalu.

Baiklah kita sedikit lupakan sejarah tentang waduk Jatigede, kita bahas sisi lainnya. Setelah diresmikan pada tahun 2015 lalu oleh pemerintahan pusat, waduk jatigede selain menjadi sumber tenaga untuk PLTA dan irigasi persawahan yang menjadi tujuan utama pembuatannya, kini di kawasan waduk jatigede mulai bermuculan tempat wisata baru, salah satunya yang akan kita bahas kali ini, yaitu puncak damar.

Puncak damar terletak di kawasan ketinggian Puncak Damar, di desa Paku Alam, Kecamatan Darmaraja, tepatnya berada di hutan petak 24 RPH Ciboboko BKPH Cadas ngampar. Tempat wisata baru puncak damar dikembangkan dan dikelola Perum Perhutani KPH (Kesatuan Pemangku Hutan) daerah Sumedang juga oleh Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Paku Alam. Apa yang ditawarkan dari tempat wisata baru ini? Mari kita ulas

Waduk jatigede merupakan salah satu waduk terbesar di Indonesia, dikelilingi oleh gunung-gunung besar di sekelilingnya. Nah puncak damar ini, berada di salah satu gunung yang berada di sisi waduk/bendungan jatigede, jadi ketika kita berada di sana kita akan melihat keindahan waduk yang menghampar luas dikelilingi gunung-gunung.

Tak perlu takut harus mendaki gunung untuk sampai di Puncak Damar, karena kawasan ini bisa dilalui oleh kendaraan, baik itu menggunakan roda dua atau roda empat. Namun sayangnya saat ini masih ada beberapa titik jalan yang perlu diperbaiki. Namun tenang saja, jalannya tidak terlalu rusak, hanya di beberapa titik saja yang mungkin perlu perbaikan jalan. Selain itu, mungkin kedepannya jalannya akan menjadi lebih baik.

Jika datang di sore hari, kita bisa melihat Matahari terbenam (Sunset) karena kebetulan kawasan puncak damar tepat menghadap ke barat. Kita bisa naik ke sebuah dipan untuk melihat view yang sangat indah. Kita bisa bersantai disana untuk menikmati pemandangan atau sekedar selfie dengan latar belakang pemandangan waduk yang menghampar luas. Nah guys, ini dia view nya :

jalan-menuju-puncak-damar-jatigede

lokasi-puncak-damar-jatigede

pemandangan-puncak-damar-sumedang

biaya-masuk-tiket-ke-puncak-damar

foto-gambar-puncak-jatigede

Keren sih menurut saya, dan tak perlu untuk mengeluarkan uang banyak untuk ke tempat ini. Kamu cukup membawa uang 5 ribu rupiah untuk masuk ke daerah kawasan puncak damar. Untuk sekedar membeli minuman atau cemilah di sana juga sudah tersedia warung-warung. Nah untuk kamu yang belum pernah nyoba dan ingin tahu jalannya, saya sertakan map dari pusat kota Sumedang menuju puncak damar. Waktu perjalanan dari Pusat kota Sumedang ke Puncak damar sekitar 1 jam. Kamu bisa menggunakan jalur Sumedang – Tasik, setelah sampai alun-alun Situraja sekitar 300 meter dari situ belok kiri kemudian ikuti jalan tersebut. Setelah sekitar 10 menit perjalanan, tanya aja ke orang sekitaran sana, hehe… ini dia petanya :

Comments

comments



About The Author

-




Related Posts to Melihat keindahan waduk jatigede dari puncak damar, sumedang