Impetigo, Penyakit Kulit Menular Paling Berbahaya Patut Diwaspadai

Posted on

Impetigo, penyakit kulit menular paling berbahaya – Impetigo ini adalah suatu penyakit kulit menular yang paling berbahaya, penyakit tersebut umumnya disebabkan oleh bakteri. Yang mana penularan penyakit impetigo ini dapat terjadi secara langsung lewat sentuhan kulit dengan kulit atau pun lewat barang – barang perantara, seperti halnya handuk, pakaian, atau pun peralatan makan yang sudah terkontaminasi bakteri. Tak hanya itu saja, biasanya kondisi tersebut lebih banyak diidap anak – anak dibandingkan orang dewasa, sebab lingkungan merekalah yang lebih menunjang untuk terjadi interaksi fisik bersama teman – teman sebaya mereka, seperti halnya di sekolah maupun taman bermain.

Jika dilihat dari gejalanya, penyakit kulit empetigo ini dibagi jadi dua jenis, yakni bulosa dan non bulosa. Impetigo bulosa tersebut biasanya ditandai oleh kulit melepuh dan berisikan cairan. Sementara itu impetigo non bulosa sendiri biasanya ditandai dengan bercak – bercak merah seperti halnya luka yang nanti akan tinggalkan kerak yang berwarna kuning kecokelatan. Walaupun tak melepuh, akan tetapi impetigo non bulosa ini lebih menular bila dibandingkan dengan impetiho bulosa.

Proses dari Perkembangan Gejala Penyakit Kulit Impetigo

Gejala penyakit impetigo ini sendiri tak langsung muncul setelah penderitanya terinfeksi, akan tetapi gejalanya biasa baru terlihat setelah 4 hingga 10 hari terpapar oleh bakteri. Biasanya jenis dari penyakit kulit satu ini yang lebih sering menjangkit adalah non bulosa. Bila Anda atau pun anak Anda sedang menderita impetigo, maka hindarilah menyentuh area kulit yang telah terinfeksi untuk cegah terjadinya penyebaran.

Infeksi penyakit kulit impetigo bulosa ini sendiri umumnya akan muncul pada bagian tengah tubuh, tepatnya antara pinggang dengan leher atau pun lengan dan tungkai. Sementara itu infeksi impetigo non bulosa sendiri umumnya terjadi di sekitar mulut serta hidung. Akan tetapi bisa melakukan penyebaran pada bagian tubuh yang lain lewat perantara handuk, jari, atau pun pakaian yang sudah terpapar oleh bakteri. Dan berikut ini adalah perkembangan gejala penyakit kulit impetigo bulosa yang harus Anda tahu :

  • Kulit jadi melepuh dan berisikan cairan berukuran 1 hingga 2 cm serta terasa sakit maupun menjadikan kulit di sekitarnya gatal – gatal
  • Kulit jadi melepuh dalam waktu singkat bisa melakukan penyebaran lalu pecah dalam beberapa hari saja
  • Pecahan kulit melepuh lalu tinggalkan kerak yang berwarna kuning
  • Setelah sembuh, kerak kuning akan menghilang tanpa tinggalkan bekas

Dan di bawah ini adalah perkembangan dari gejala penyakit kulit impetigo non bulosa :

  • Muncul bercak kemerahan yang mirip luka yang tak terasa sakit, tapi gatal
  • Bercak dapat melakukan penyebaran hanya dalam waktu singkat pada saat disentuh atau pun digaruk, lalu berganti jadi kerak yang berwarna kecokelatan
  • Setelah kerak berukuran 2 cm dan kering, yang tersisa hanya bekas yang berwarna kemerahan
  • Bekas warna merah ini bisa sembuh tanpa bekas

Penyebab Utama Penyakit Kulit Impetigo

Penyebab utama dari penyakit kulit paling berbahaya satu ini adalah bakteri yang bernama staphylococcus aureus atau pun streptococcus pyogenes. Yang mana penularan bakteri tersebut bisa saja terjadi lewat kontak fisik secara langsung dengan penderita atau pun lewat perantara, seperti halnya pakaian, handuk, serbet, serta sebagianya yang sebelumnya digunakan penderita.

Bakteri nantinya akan lebih mudah untuk menginfeksi seseorang apabila orang tersebut mempunyain luka sebelumnya, contohnya saja luka akibat dari gigitan serangga, teriris benda tajam, atau pun terjatuh. Bisa juga dikarenakan luka yang dimunculkan oleh infeksi kulit yang lain, seperti halnya eksim, kutu, dan kudis. Berikut ini adalah faktor lainnya yang juga bisa tingkatkan kemungkinan seseorang terpapar oleh bakteri impetigo :

  • Lakukan aktifitas penuh dengan kontak kulit
  • Mempunyai kekebalan tubuh atau sistem imunitas yang lemah
  • Lingkungan padat
  • Memiliki jenis penyakit diabetes
  • Tanpa sadar membawa bakteri impetigo

Demikian tadi kilas informasi detail seputar impetigo, penyakit kulit menular paling berbahaya patut diwaspadai. Semoga manfaat.