hati-hati penipuan dari nomor telepon berawalan +77, +37, dll

December 28, 2016 sharing

hati-hati penipuan dari nomor premium luar negeri berawalan +77

Kini telah terdapat banyak sekali laporan yang mendapatkan panggilan dari nomor luar negeri berawalan +77. Sebenarnya jika kita lihat ke beberapa tahun ke belakang ini bukan perkara baru. Banyaknya panggilan dari nomor premium luar negeri adalah modus penipuan yang pernah terjadi di beberapa tahun lalu sejak tahun 2000an.

Ini merupakan teknik penipuan yang awal mulanya dari negeri sakura, Jepang. Hingga orang jepang memberikan nama penipuan dengan modus tersebut dengan nama wangiri atau yang bisa diartikan “sekali dering”. Jadi modusnya seperti ini, sang penipu akan melakukan panggilan ke nomor korban, namun sangat singat singkat atau hanya sekali dering saja, kemudian langsung ditutup. Hal tersebut dilakukan agar si korban melakukan panggilan balik.

Tidak cukup sampai disitu biasanya si pelaku juga mengirimkan SMS, Whatsapp, email dan sebagainya agar si korban kemudian mau untuk menelepon balik. Tujuannya hanya agar pulsa atau tagihan telepon si korban tersedot. Seperti kita tahu, jika menelpon ke nomor premium, maka tarifnya itu sangat tinggi tidak seperti ke nomor biasa.

Perlu diketahui, ketika seseorang menyewa nomor premium international dari sebuah operator lokal. Kemudian nomor tersebut digunakan untuk komunikasi (ditelepon oleh nomor lain) maka pemilik nomor premium tersebut akan mendapatkan komisi dari operator lokal karena telah menggunakan nomor premium internasional tersebut. Komisi dari operator lokal setidaknya $1 per panggilan.

Ketika seorang korban menelpon ke si pelaku, maka tagihan telepon korban akan melonjak tak wajar, selain itu si pelaku akan terus memancing percakapan agar komunikasi tersebut bisa berjalan lama, dan tagihan akan semakin mahal. Korban bahkan bisa menghabiskan 200ribu – 400ribu.

Berikut Beberapa daftar negara beserta nomor awalannya yang disinyalir sering melakukan panggilan untuk tujuan penipuan/kejahatan dengan modus seperti ini adalah Burundi (+257), Malawi (+265), Pakistan (+92), Rusia (+7), Nigeria (+234), Tunisia (+216), dan Belarusia (+375), namun tidak menutup kemungkinan bisa dari negara lainnya.

Untuk terhindar dari penipuan jenis ini, sebenarnya caranya cukup simple, kita hanya perlu untuk tidak melakukan panggilan ke nomor tak dikenal. Jika kemudian anda mendapatkan pesan untuk menghubungi nomor tersebut jangan mudah percaya. Dan jika anda memang sedang menunggu panggilan dari luar negeri atau akan melakukan panggilan ke nomor luar negeri, seperti misalnya ke sodara atau kerabat, pastikan ada mengetahui nomor orang tersebut. Jadi intinya hindari untuk menelepon ke nomor tak dikenal terlebih jika nomor tersebut berasal dari luar negeri.

Kabar baiknya adalah sekarang beberapa operator di Indonesia sedang berusaha untuk memblokir nomor international premium yang disinyalir sering digunakan untuk penipuan. “Kita sedang berkordinasi dengan seluruh pihak terkait khususnya untuk urusan internasional call seperti Telin, Indosat, dan Gaharu Telkom. Untuk urusan teknis, tim dari Telin sedang menginvestigasi. Kali ini memang agak masif, yang paling penting sekarang menjaga kenyamanan pelanggan,” tutur General manger External Corpcomm Telkomsel Denny Abidin dalam pesan singkatnya seperti dikutip dari CNNIndonesia.

Apply Kartu Kredit BCA Online

Comments

comments



About The Author

-




Related Posts to hati-hati penipuan dari nomor telepon berawalan +77, +37, dll







keindahan islam

CLICK AJA TULISAN YOUTUBE DIBAWAH.. Gratis Kok.. 🙂