Gejala, Penyebab, dan Cara Mengobati Biduran Paling Ampuh

Posted on

Gejala, penyebab dan cara mengobati biduran – Tak ada orang yang ingin sakit. Apalagi kalau sakitnya itu adalah penyakit kulit yang dapat mengganggu penampilan secara menyeluruh. Agar tidak terkena sakit kulit, ada baiknya melakukan pencegahan sejak dini dengan menjaga kebersihan, mengganti pakaian secara rutin, tidak berkeringat dalam jangka waktu yang lama dan masih banyak lagi. Mandi secara rutin juga perlu dilakukan.

Hanya saja beberapa orang juga masih ada yang mengalami masalah penyakit kulit walau beberapa diantaranya juga mengaku sudah menjaga kebersihan semampunya. Kini, salah satu penyakit kulit yang seringkali menyerang adalah biduran. Ada beberapa gejala dan penyebab biduran ini. Anda juga perlu tahu bagaimana cara pengobatannya. Hawa dingin juga menjadi salah satu pemicu mudahnya Anda mengalami biduran. Tentang informasi lengkap mengenai gejala, penyebab dan cara mengobati biduran bisa Anda coba cek di bawah ini!

Gejala Biduran

Anda yang terserang masalah biduran, memang ada beberapa gejala biduran yang Anda wajib tahu. Beberapa gejala biduran tersebut diantaranya yaitu :

·         Kondisi stres

·         Minuman keras

·         Kafein

·         Suhu udara yang panas

Ketika gejala biduran Anda alami, tentu Anda tidak boleh diam saja karena cara pengobatan yang tepat perlu Anda pikirkan. Akan tetapi sebelum kita membahas mengenai bagaimana cara mengobati biduran yang tepat alangkah baiknya kalau kita sama – sama cari tahu apa sih yang menjadi penyebab biduran?

Ada beberapa hal yang ternyata menjadi penyebab biduran pada manusia diantaranya :

·         Pengaruh perubahan cuaca

Biduran juga dapat terjadi karena pengaruh dari perubahan cuaca yang juga memiliki tekanan dan perubahan tinggi. Beberapa penderita yang mengalami biduran juga bisa kambuh ketika masuk ke daerah dengan cuaca yang sangat panas atau juga terlalu dingin. Tubuh memang nantinya juga akan bisa memberikan reaksi yang jauh lebih kuat sehingga biduran akan Anda alami. Biduran seperti ini biasanya akan bisa hilang sendiri dan butuh waktu sembuh kurang lebih selama 5 sampai 6 jam. Jika masih tidak bisa sembuh dalam kurun waktu tersebut ada baiknya Anda segera hubungi dokter.

Pengaruh infeksi dalam tubuh

Orang yang terkena masalah infeksi akibat penyakit tertentu juga bisa mengalami kondisi biduran. Kondisi ini paling sering terjadi pada beberapa orang yang sedang menjalani perawatan akibat penyakit infeksi seperti demam, rasa sakit yang berlebihan dan beberapa obat tertentu. Infeksi ini juga akan menjadi penyebab sistem kekebalan tubuh menjadi lemah dan tidak bisa menerima obat yang masuk ke dalam tubuh.

Terkena paparan sinar matahari

Orang yang tidak terbiasa terkena paparan bahaya sinar matahari secara langsung juga bisa terkena masalah biduran dengan sangat cepat. Nantinya paparan sinar matahari yang mengenai kulit secara langsung juga akan bisa menjadi penyebab tekanan dan rasa panas yang berlebihan. Reaksi panas dan tekanan ini juga menjadi penyebab bagian kulit tidak tahan dan muncul biduran. Ada baiknya juga untuk Anda melindungi tubuh dari sinar matahari yang bisa menyembuhkan biduran dengan cepat.

Alergi pada makanan tertentu

Biduran juga dapat terjadi akibat tubuh yang tidak bisa menerima jenis makanan tertentu. Makanan yang dapat memicu biduran dan paling sering terjadi seperti ikan laut, kerang, keju dan telur. Kondisi ini juga biasanya sudah bisa terjadi sejak Anda kecil dan bisa dideteksi dengan cara tes alergi. Makanan ini dapat menyebabkan alergi yang berlebihan karena terkandung senyawa tertentu yang tidak bisa dilawan oleh sel darah putih. Bagi beberapa orang yang punya alergi tersebut tentu harus jauh – jauh dengan makanan penyebab biduran yang kami uraikan diatas.

Setelah Anda tahu penyebabnya, tentu saja menghindari penyebab merupakan langkah yang paling bijak untuk Anda terapkan. Sementara seperti apa cara mengobati biduran paling ampuh yang dapat Anda lakukan diantaranya seperti :

·         Penderita biduran yang memang sensitif dengan obat yang mengandung aspirin harus menghindari makanan yang didalamnya mengandung kandungan asam yang terlalu tinggi.

·         Penderita biduran yang sensitif juga sebaiknya tidak mengonsumsi berbagai jenis makanan atau minuman yang didalamnya mengandung bahan tambahan makanan seperti bahan pengawet ata bahan perasa makanan.

·         Pemberian obat antihistamin akan bisa diberikan oleh dokter untuk mengatasi gejala biduran yang Anda alami.

·         Jauhi semua jenis makanan, minuman atau cuaca yang dapat berpotensi memberikan resiko biduran.

·         Biduran yang bertahan lebih dari 24 jam harus segera mendapatkan perawatan dokter untuk bisa mencegah reaksi keracunan atau kondisi yang jauh lebih buruk.

Itulah sedikit informasinya untuk Anda tentang gejala, penyebab dan cara mengobati biduran. Semoga menjadi informasi yang bermanfaat untuk Anda.