cara verifikasi blog dan situs web di google webmasters

September 23, 2016 blogging, video

cara-mudah-verifikasi-di-google-webmaster

Cara verifikasi situs web atau blog di google webmasters ada beberapa metode, mulai dari menggunakan file download kemudian di upload ke server, ada pula metode verifikasi menggunakan meta tag, menggunakan google analytics dan juga menggunakan metode layananan penyedia domain. Verifikasi blog ke google webmaster diperlukan untuk mengklaim kepemilikan situs web/blog, selain itu untuk menganalisa kesehatan situs (menganalisa kinerja situs) di mesin pencari google. Yang akan saya jelaskan di sini adalah cara verifikasi menggunakan metode penggunaan meta tag dan upload file ke server karena saya rasa cara ini paling mudah daripada menggunakan metode lainnya.

Saya jelaskan dahulu cara verifikasi menggunakan meta tag karena cara ini bisa digunakan di berbagai situs weblog termasuk situs yang hostingnya bukan milik sendiri seperti mywapblog, blogger, blog.com, dll. Namun jika kamu memiliki server atau hosting sendiri disarankan untuk menggunakan cara kedua, yaitu verifikasi dengan upload file ke server.

cara verifikasi situs di google webmasters menggunakan meta tag
1. Masuk ke google webmasters https://www.google.co.id/webmasters/tools/ Kemudian klik tambahkan situs.

2. Setelah muncul kotak dialog, masukan URL situs, misalnya http://www.namaanda.com, kemudian klik terus.

3. Pilih menu metode alternative, Kemudian Pilih Metode Tag HTML. Copy meta tag yang diberikan. Perhatikan gambar berikut, klik gambar untuk memperbesar :
cara-verifikasi-blog-atau-web-dengan-meta-tag
Kemudian tinggalkan dahulu halaman google webmasers (jangan tutup halaman google webmasters).

4. Buka tab baru dalam di browser kemudian edit situs web atau blog kamu, kemudian masukan meta tag tadi tepat di bagian tag </head> di situs web kamu , jika menggunakan wordpress.com, login ke wordpress kemudian pilih menu perkakas, klik perkakas yang tersedia. Kemudian paste meta tag di kolom google webmasters tools.

5. Jika sudah Kembali ke halaman google webmasters, kemudian klik verifikasi dibagian bawah halaman. Selesai.

Jika sudah verifikasi web atau blog di google webmasters, kita sangat dianjurkan untuk menambahkan sitemap, agar seluruh halaman web dapat terbaca google, baca artikelnya disini : http://diary.id/cara-membuat-dan-submit-sitemap-blogger-ke-google-dan-bing/

Jika masih bingung, berikut ini video caranya :

Berikut ini cara verifikasi dengan metode upload file ke server :

Cara verifikasi web atau blog di google webmasters dengan upload file
Verifikasi menggunakan cara ini saya lebih disarankan karena kita tidak perlu lagi melakukan verifikasi jika ada perubahan script di web atau blog kita, semisal kita berganti theme/template web (tanpa harus melakukan verifikasi ulang). Berikut caranya :
1. Masuk ke google webmasters https://www.google.co.id/webmasters/tools/ Kemudian klik tambahkan situs.

2. Setelah muncul kotak dialog, masukan URL situs, misalnya http://www.namaanda.com, kemudian klik terus.

3. Klik pada tulisan unduh “file verifikasi HTML ini” untuk mengunduh/download file. Perhatikan gambar berikut (klik gambar untuk memperbesar) :
verifikasi-web-blog-di-google-webmaster-dengan-metode-upload-file
Kemudian tinggalkan dahulu halaman google webmasers (jangan tutup halaman google webmasters), buka tab baru di browser.

4. Login ke database situs web, gunakan ftp client seperti filezilla, melalui ftp online seperti net2ftp.com, atau cara lainnya yang menurut kamu lebih mudah untuk upload file ke server/hosting, kemudian upload file dari google webmasters tadi di ke directory utama situs kamu atau letakan di directory yang sama dengan kamu menyimpan file index, misalnya di /public-html/

5. Kembali ke halaman google webmasters kemudian klik kotak di sebelah tulisan saya bukan robot (perhatikan gambar di atas) pilih gambar jika diminta, kemudian klik tombol “verifikasi” dibagian bawah halaman. Selesai.

Setelah itu silahkan tambahkan sitemap agar semua isi web dapat terbaca google, caranya bisa dilihat disini : klik disini

Proses verifikasi selesai, pastikan ada tanda ceklist berwarna hijau sebagai tanda situs web atau blog telah berhasil di verifikasi. Perlu waktu beberapa hari untuk mendapatkan data tentang situs web anda di google webmasters. Proses verifikasi selesai itulah cara verifikasi wordpress di google webmasters

Apply Kartu Kredit BCA Online

Comments

comments



About The Author

-




Related Posts to cara verifikasi blog dan situs web di google webmasters







keindahan islam

CLICK AJA TULISAN YOUTUBE DIBAWAH.. Gratis Kok.. 🙂