Cara Mengobati Dermatitis Kontak Terampuh

October 24, 2017 Kesehatan

Cara mengobati dermatitis kontak – Dermatitis kontak sebenarnya merupakan suatu tanda iritasi kulit yang tidak berbahaya bagi kesehatan akan tetapi dermatitis kontak dapat mengganggu siapa saja. Dermatitis kontak sendiri juga disebabkan karena paparan kulit atas penyebab iritasi. Misalkan seperti bahan kimia pada kosmetik atau juga tanaman mengandung racun dapat menjadi penyebabnya.

Dermatitis kontak merupakan sebuah penyakit kulit yang tidak menular dan ketika menyerang masing – masing orang akan datang dengan penyebab yang berbeda – beda. Termasuk soal gejalanya. Sebagai informasi terupdate untuk Anda, berikut kami akan uraikan tentang gejala, penyebab dan cara mengobati dermatitis kontak. Mari kita cek informasi lengkapnya di bawah ini!

Gejala Dermatitis Kontak

Gejala dermatitis kontak adalah kulit merah atau melepuh, kulit kering, gatal dan terasa tidak nyaman. Rasa gatal dan iritasi terjadi juga dalam waktu 24 – 48 jam setelah paparan. Iritasi bahkan juga dapat berupa kemerahan, bengkak, bentol dan atau lenting. Pada kasus dimana iritasi telah terjadi secara berulang – ulang dalam waktu lama atau kronis maka iritasi dapat berupa kulit yang kehitaman dengan disertai kulit yang mengeras dan mengelupas. Kadang lenting juga terbentuk akan tetapi cairan dari lenting tidak bisa menginfeksi orang lain. Ada baiknya untuk Anda hindari menggaruk kulit karena dapat menimbulkan masalah infeksi pada diri Anda. Menghirup dan juga menelan penyebab iritasi juga dapat menyebabkan bengek atau mual juga.

Kemungkinan ada tanda – tanda dan juga gejala yang tidak disebutkan. Sehingga jika Anda punya kekhawatiran akan sebuah gejala tertentu bisa segera konsultasi dengan dokter Anda nantinya. Silahkan Anda konsultasi dengan dokter jika :

  • Terdapat bercak merah yang akan membuat Anda tidak bisa tidur atau melakukan kegiatan sehari – hari.
  • Bercak merah yang terasa sakit dan meluas
  • Bercak merah pada kulit yang juga membuat Anda tidak percaya diri.
  • Bercak merah tidak membaik dalam beberapa minggu.
  • Penghentian dalam penggunaan steroid yang juga dapat menyebabkan peradangan kulit Anda jadi jauh lebih buruk.
  • Penggunaan krim atau lotion antihistamin yang tidak berdasarkan saran dari dokter sehingga akan dapat menyebabkan kulit menjadi merah dengan sendirinya.

Selain gejala, penyebab dan cara mengobati dermatitis kontak juga perlu Anda tahu. Penyebabnya adalah kontak langsung dengan penyebab iritasi sehingga menyebabkan kulit alergi. Getah dan juga tanaman beracun juga dapat menjadi penyebabnya secara umum. Paparannya juga tidak hanya terjadi dengan menyentuh pohon akan tetapi juga menyentuh atau mengelus pakaian dengan menggunakan zat yang lengket.

Beberapa penyebab yang lain juga termasuk pakaian wol, bahan pembersih peralatan rumah tangga seperti deterjen, pembersih seperti sabun, shampoo, logam alkali, pewarna, obat – obatan, pestisida dan bahan kimia yang lainnya juga.

Cara terbaik dalam mengatasi dermatitis kontak adalah dengan Anda menghindari kontak dengan penyebab iritasi. Misalkan menghindari membeli mainan atau selimut jika Anda sensitif atas produk wol, dan mengetahui bagaimana mengidentifikasi tanaman beracun penyebab gatal. Menggunakan sarung tangan, memakai baju lengan panjang dan celana panjang untuk menghindari kontak dengan pohon – pohon dan apa saja yang juga telah menyentuh tanaman tersebut.

Obat yang biasanya diberikan untuk mengobati masalah dermatitis kontak adalah obat anti inflamasi steroid atau obat oles, antihistamin atau gatal – gatal dan juga terapi kekebalan tubuh untuk dapat meminimalisir resiko reaksi. Steroid seperti prednisone juga dapat digunakan dalam bentuk tablet, suntikan atau krim dan juga salep. Dengan adanya penggunaan calamine lotion juga dapat membantu mengurangi kotoran dan bercak merah dan juga digunakan sesuai kebutuhan.

Nantinya dokter Anda akan melakukan diagnosa dermatitis dengan melakukan pemeriksaan pada kulit Anda serta juga menanyakan apakah Anda punya kontak fisik dengan zat yang berpotensi mengakibatkan peradangan. Dokter juga akan dapat menguji masalah alergi kulit dengan menggunakan sedikit zat yang juga dapat mengiritasi kulit, melakukan pemantauan bercak dalam kurun waktu sekitar 1 sampai dengan 2 hari.

Demikian sedikit informasinya untuk Anda tentang gejala, penyebab dan cara mengobati dermatitis kontak. Semoga informasi diatas menjadi informasi yang bermanfaat dan menginspirasi.

Apply Kartu Kredit BCA Online

Comments

comments



About The Author

-




Related Posts to Cara Mengobati Dermatitis Kontak Terampuh





Comments are closed.


keindahan islam

CLICK AJA TULISAN YOUTUBE DIBAWAH.. Gratis Kok.. 🙂