Cara Menghapus Virus dan Malware di Android

December 13, 2016 android

cara menghapus virus dan malware di android

Hai pecinta smartphone robot hijau. Kali ini kita akan membahas tentang cara menghapus virus tepatnya malware di perangkat android. Kita tentu tahu sekarang android merupakan OS paling populer yang digunakan di perangkat smartphone, jadi jangan heran ketika banyak para peretas atau pembuat virus yang ingin memanfaatkan bugs di android untuk melakukan kejahatan.

Sebelumnya perlu kita ketahui di android kebanyakan malware bukan virus. Perbedaannya adalah ketika virus berfungsi melumpuhkan sistem, maka malware bekerja untuk melakukan kegiatan tanpa kita sadari. Contoh paling simple dari malware di android adalah smartphone tiba-tiba menginstall aplikasi sendiri tanpa sepngetahuan dan seijin pengguna.

Biasanya malware di android juga merupakan sebuah program atau aplikasi juga, namun bersifat tersembunyi sehingga sang pemilik smartphone tidak mengetahui dimana program tersebut berada. Untuk itu saya akan sedikit meberikan solusi untuk mengetahui dimana program jahat tersebut berada.

Jika kita lihat di layar ponsel ada beberapa aplikasi yang tidak kita ketahui dan kamu tidak pernah menginstalnya, segera hapus aplikasis tersebut. Namun jika aplikasinya tidak terlihat atau terinstall di sistem sehingga tidak dapat diuninstall.

Sebelum menggunakan cara di bawah, coba cara berikut terlebih dahulu. Ketika kamu menemukan aplikasi aneh di daftar aplikasi (muncul di daftar aplikasi) namun sulit atau tidak bisa diuninstall coba masuk ke setting kemudian pilih accessibility (aksebilitas), kemudian pilih off untuk layanan aksebilitas yang tidak diketahui, kemudian coba hapus aplikasi di daftar aplikasi. Jika masih belum bisa masuk ke setting, pilih security (keamanan) kemudian pilih devide administrator (administrasi perangkat) kemudian matikan layanan yang mencurigakan, kemdian coba lagi hapus aplikasi di daftar aplikasi.

Berikut caranya :

1. Telepon harus sudah memiliki akses root. Karena biasanya yang telah teinfeksi malware juga merupakan android yang telah diroot.

2. instal Lucky Patcher, System App Remover atau aplikasi penghapus system lainnya.

3. hapus aplikasi yang mencurigakan, Nama malware paling dikenal dan banyak menginfeksi smartphone adalah engriks/engrils. Hati-hati dalam menghapus aplikasi system, jika salah menguninstall justru nantinya smartphone tidak dapat digunakan. Saya sarankan untuk meminta bantuan yang lebih mengerti system android. Namun biasanya di aplikasi penghapus sistem telah ada keterangan mana aplikasi yang boleh dan tidak boleh untuk dihapus.

Saran saya :
Jika tersedia update atau upgrade OS untuk android type smartphone kamu, segeralah upgrade. Menurut beberapa sumber yang saya baca, kebanyakan android yang terkena virus atau malware biasanya masih menggunakan android versi kitkat ke bawah (versi 4.4 ke bawah).

Jangan lakukan rooting, memang dengan melakukan root kita bisa lebih diuntungkan dengan dapatnya masuk ke sistem, kita pun bisa mengutak-atik android sesuai keinginan. Namun dengan diroot itu berarti kita telah membuka celah keamanan sehingga malware akan lebih mudah masuk.

Apply Kartu Kredit BCA Online

Comments

comments



About The Author

-




Related Posts to Cara Menghapus Virus dan Malware di Android





Comments are closed.


keindahan islam

CLICK AJA TULISAN YOUTUBE DIBAWAH.. Gratis Kok.. 🙂