cara membuat video streaming di web atau blog

December 19, 2016 blogging

cara membuat video streaming di web dan blog

Cara membuat video streaming di web atau blog sebenarnya cukup mudah, kita bisa menyimpan file source nya di server berbeda atau pada satu server yang sama dengan tempat penyimpanan file web kita lainnya. Jadi kita bisa menyimpan file videonya di tempat file sharing seperti misalnya, youtube, google drive, openload, dsb atau menyimpan file videonya di server milik kita sendiri.

Keuntungan ketika menyimpan file di server sendiri tentunya akan lebih aman dari penghapusan. Apabila menyimpannya di host file sharing misalnya di google drive tentu saja kita harus mengikuti semua kebijakan di tempat tersebut (google drive). Namun jika menyimpannya di file hosting sendiri (server sendiri) tentunya akan lebih boros bandwidth, jadi kita memerlukan hosting yang besar yang akan memakan biaya lebih mahal.

Disini kami akan menjelaskan cara membuat video streaming menggunakan server sendiri, dengan pertimbangan video akan lebih awet jika dibandingkan ketika kita melakukan embed dari youtube, google drive, dll. Sebelumnya perlu diketahui di artikel ini kami pernah menulis tentang cara membuat video streaming menggunakan swf player, namun beberapa sumber menyebutkan swf player kini menjadi sangat rentan terhadap malware, akhirnya kami hapus dan menggantinya dengan tips sederhana berikut. Untuk mulai membuatnya kita tinggal upload saja video milik kita seperti ketika melakukan upload gambar, dll.

Jika kita menggunakan wordpress untuk membuat blog/web, ketika telah selesai mengupload video di dashboard maka format kodenya akan seperti ini :

cara membuat code video streaming

catatan : url pada kode di atas http://diary.id/wp-content/uploads/2016/12/test.mp4 hanya sebagai contoh.

Jika kamu menggunakan theme responsif, agar videonya bisa responsif atau mengikuti lebar layar browser, ambil saja url videonya dan tambahkan kode embed, maka kodenya akan menjadi seperti ini :

kode embed video streaming

Maka hasilnya akan menjadi seperti ini :

 

Kita juga bisa merubahnya ke dalam format html 5, dengan sedikit merubah kodenya menjadi seperti ini
<video controls=”controls” width=”480″ height=”270″>
<source src=”http://diary.id/wp-content/uploads/2016/12/test.mp4″ type=”video/mp4″ />
</video>

Kamu juga bisa menambahkan gambar thumbnail agar saat video kamu belum diputar terdapat gambar cover pada video. Tinggal tambahkan saja kode cover, jadi kodenya kurang lebih akan menjadi seperti ini :
<video poster=”http://diary.id/wp-content/uploads/2016/12/test.png” controls=”controls” width=”480″ height=”270″>
<source src=”http://diary.id/wp-content/uploads/2016/12/test.mp4″ type=”video/mp4″ />
</video>

Bagaimana, mudah sekali bukan? Nah cara tersebut juga bisa diterapkan di beberbagai platform seperti blogger, drupal atau wordpress. oh iya jangan lupa, untuk format penulisan artikelnya rubah dulu kedalam format text ya.

Apply Kartu Kredit BCA Online

Comments

comments



About The Author

-




Related Posts to cara membuat video streaming di web atau blog







keindahan islam

CLICK AJA TULISAN YOUTUBE DIBAWAH.. Gratis Kok.. 🙂